menu Home chevron_right
news

Membuat Press Release Supaya Mudah Dipublish Media

admin | April 12, 2019

KETIKA sudah memulai karier dalam bermusik berarti sudah saatnya juga menulis sebuah press release yang bisa digunakan untuk meningkatkan hubungan baik dengan media, dengan cara memberikan mereka sebuah tulisan yang memiliki news velue atau nilai berita.

Hal tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuk publisitas dan eksposur band atau musik yang sedang digeluti. Beberapa cara yang bisa membuat release yang dibuat memiliki news velue sehingga bisa mendapatkan publisitas, dan news velue yang dimaksudkan bisa berupa:

  • Rilis lagu baru,
  • Rilis video klip musik,
  • Adakan tour besar-besaran,
  • Tampil diacara besar,
  • Menjadi band pembuka band super terkenal.

Setelah memastikan topik yang akan dikirim memiliki news value, selanjutnya mulailah menulis press release dengan teknis yang menyertakan kontak seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email dibagian paling atas.

Tulis profil band yang sering dibutuhkan oleh event organizer untuk mengenal lebih jauh suatu band. Karena didalam profile sudah sepatutnya dijabarkan semua data tentang band tersebut, mulai dari kapan berdiri, genre, pengalaman panggung hingga prestasi.

Dalam pembuatan profile ini, juga dibutuhkan kelihaian merangkai kata-kata yang dapat mengangkat pamor band itu sendiri, yang tanpa sadar banyak juga band yang menyepelekan fungsi dari profile tersebut. Misalnya dengan data yang sangat minim, kamu bisa mengangkat sisi menarik lain di band kamu. Contoh, data perform Band minim atau prestasi band juga minim, mungkin kamu bisa hal lain seperti kegiatan personel yang positif, atau kelebihan dari tiap personel.

Setelah proses dalam membuat press release tadi dipenuhi, sebuah band atau musisi jangan langsung yakin kalau yang dibuat akan ditampilkan oleh media. Apalagi bila band yang belum mempunyai nama besar, jangan terlalu berharap press release yang dikirimkan akan tayang di media besar.

Yang perlu diperhatikan lagi dalam mengirimkan press release diantaranya:

1. Judul e-mail
Ini merupakan bagian terpenting dan sering kali band yang cenderung baru mengabaikan hal tersebut. Ada baiknya, kurangi judul yang tidak penting seperti : Mohon Liput Band Kami ; Permohonan Kerjasama Review ; Thengue Merilis Album Baru.

Kelemahan dari judul yang dipakai tersebut yakni siapakah ‘band kami’ itu? dan siapakan ‘thengue’ itu? karena bila mengirimkan email ke media yang sudah cukup mapan, kemungkinan email tersebut tidak akan dibuka. Karena dipastikan ada banyak email lain yang perlu dilihat, sementara waktu kerja penulis dalam sehari hanya mampu menulis kurang dari 10 artikel.

Kecuali bila sedang mempromosikan band atau musisi kenamaan tanah air dan dunia, itu urusan berbeda. Jadi, cobalah paling tidak menuliskan judul yang lebih informatif seperti : Thengue band tarling melodic rock dari Purwokerto akan merilis album baru. Hal tersebut akan menambah kemungkinan email dibuka, paling tidak bila jurnalis ingin mengenal skena musik Purwokerto.

2. Jangan mass e-mail
Lebih baik gunakan jasa mailing list seperti mailchimps. Atau paling tidak jika kirim email langsung banyak, letakan alamat email media tersebut di kolom Blind Carbon Copy (BCC) agar email mereka tidak diserang spammer karena tersebar dimana-mana, karena tidak semua media ingin emailnya terpublish kemana-mana.

3. Foto band
Layout foto band pastikan dalam ukuran yang wajar dengan maksimal panjang 2020 pixel dan besarnya maksimal 500kb. Bila media membutuhkan ukuran lebih besar, pastikan sudah dipersiapkan.

4. Profile band
Buatlah profile band yang sekiranya mempermudah kerja jurnalis, buka dengan informasi musik apa yang ditawarkan dengan personil yang sekarang. Keterangan produser atau engineer juga perlu ditambahkan, terutama bila yang menjadi produser merupakan orang berpengaruh dalam hal musik.

Yang paling penting, perihal personil yang berganti sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail, apalagi bila belum pernah punya rilisan yang fenomenal. Dan hindari mencantumkan sederet pengalaman manggung dalam acara yang skala kecil.

5. Sedia link lagu
Gunakan fasilitas platform yang mudah diakses dan jika mau memberi materi album ‘advance’ yang rahasia dan tidak ingin tersebar, pelajari cara membuat halaman menjadi private dan hanya bisa diakses mereka yang mempunyai tautan langsung. Hal tersebut penting karena beberapa media ingin memastikan yang dimuat merupakan musik terpilih, fasilitas dropbox atau google drive dapat dimanfaatkan.

6. Kontak dan informasi penting
Jangan lupa untuk menyertakan semua kontak band yang ada dan informasi penting mengenai band mulai dari nomor telpon seluler, jejaring sosial, dan lainnya.

Jika merilis album, cantumkan dengan detail cara mendapatkan album tersebut.

Tips tersebut memang belum menjamin band dan musik yang ditawarkan menerima respon apapun, tapi paling tidak hal tersebut mempermudah media yang sesuai untuk melakukan tugasnya menyebarkan musik berkualitas.

Written by admin

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply





BOOKING CONTACT










  • cover play_circle_filled

    01. Berdikari
    Jhony Freedom

  • cover play_circle_filled

    02. Prefekt
    R. Galvanize, Morris Play

    add_shopping_cart
  • cover play_circle_filled

    03. Culture Code
    Andy Mart, Terry Smith

    add_shopping_cart
  • cover play_circle_filled

    04. Arensky
    Primal Beat, Kelsey Love

    add_shopping_cart
  • cover play_circle_filled

    05. Meghans Theme
    Grover Crime, Grover Crime

    add_shopping_cart
  • cover play_circle_filled

    TRY!!!! – Psycho
    TRY!!!!

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play